Apel Nasional TAGANA 2009



Salah satu agenda tahunan yang rutin diselenggarakan korps TAGANA se Nusantara adalah kegiatan Apel Siaga Nasional. Kegiatan yang sebelumnya akrab dengan istilah Jambore TAGANA ini kembali diselenggarakan oleh Departemen Sosial RI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta pada tanggal 2 – 4 Desember 2009. Seluruh anggota TAGANA perwakilan dari 33 Provinsi hadir menggelar konsolidasi dan gladi kesiapan penanggulangan bencana di acara ini.

TAGANA Banten kali ini mengerahkan pasukannya sebanyak 400 personil yang dipimpin langsung oleh Kabid. Banjamsos Dinas Sosial Provinsi Banten, Drs. Sudarto, Mpd. Bertempat di halaman kantor Dinas Sosial Provinsi Banten, Jl. Kiajurum Cipocok Serang, Kepala Dinas Sosial H. Yunadi Syahroni melepas secara resmi kontingen TAGANA Banten menuju Cibubur Jakarta. Dalam sambutannya Yunadi berharap agar kontingen TAGANA Banten dapat menjalankan kegiatan dengan sebaik-baiknya dan senantiasa menjaga nama baik dan citra Banten di pentas nasional.

Setelah upacara pelepasan, pasukan yang di komandani oleh Sekretaris TAGANA Banten, Gatot Yan. S ini langsung bergerak menggunakan 8 unit bus dan beberapa kendaraan pengawal serta pembawa perlengkapan lainnya. Koordinator TAGANA Banten Andika Hazrumy kala itu berhalangan mendampingi pasukannya dikarenakan tengah menunaikan ibadah haji bersama keluarga.

Seperti halnya pada acara tahun-tahun sebelumnya, Apel Siaga TAGANA ini juga diisi dengan berbagai kegiatan kesiapsiagaan seperti gelar pasukan, simulasi penanggulangan bencana, Dll. Yang menarik pada kegiatan Apel Siaga TAGANA Tahun 2009 ini adalah dinobatkannya artis Marcella Zalianty dan pembalap Moreno Suprapto sebagai DUTA TAGANA. Pada acara penutupan Apel Siaga, kedua selebritis itu hadir bersama Menteri Sosial Salim Segaf dan Panglima TAGANA Drs. Andi Hanindito (Direktur BSKBA Depsos RI) serta beberapa pejabat Negara lainnya.

Hal lain yang menarik dari penyelenggaraan Apel Siaga tahun 2009 ini adalah dimana untuk pertama kalinya Mars TAGANA diperdengarkan dan disosialisasikan. Selain itu, dalam acara apel ini juga dicanangkan beberapa program unggulan TAGANA diantaranya pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Satuan Reaksi Cepat (SRC).