Gubernur lepas Tagana ke Jambore Nasional 2008


Suasana Pendopo Gubernur Banten Rabu sore (17/12) nampak berbeda. Dari mulai pintu gerbang hingga teras pendopo nampak berjejer beberapa bus, sementara dihalaman depan pendopo ada ratusan orang berseragam coklat hitam. Mereka adalah anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi Banten yang sore ini akan berangkat menuju Cibubur Jakarta untuk mengikuti Jambore Nasional Tagana 2008.

Upacara Pelepasan kontingen Tagana Banten menuju Jambore Nasional sore itu dipimpin langsung oleh Gubernur Hj. Ratu Atut Chosiyah yang didampingi beberapa pejabat teras Pemprov. Banten diantaranya Kepala Dinas Sosial H. Yunadi Syahroni, Asda III H. Apon Suryana dan Kepala Biro Kesra H. Zainal Mutaqin.

Upacara diawali dengan Laporan dari Koordinator Tagana Banten Andika Hazrumy yang sekaligus bertindak sebagai kepala kontingen Banten dalam Jambore Nasional ini. Dalam laporannya Andika menjelaskan bahwa Jambore Nasional Tagana 2008 ini akan dilaksanakan pada tangga 18 hingga 20 Desember 2008 dan Tagana Banten yang diikutsertakan berjumlah 350 personil, terdiri dari 25 orang tim inti dan 325 orang peserta pendukung.


Tim inti, lanjut Andika akan diikutsertakan dalam beberapa perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia nasional diantaranya lomba pemasangan tenda peleton, ketrampilan dapur umum, dan water rescue. Sementara peserta pendukung akan melakukan kegiatan tambahan antara lain menampilkan atraksi kesenian khas Banten seperti Debus, Dog-dog, Yalil, Dll.

Menurut Andika, kegiatan Jambore Nasional Tagana 2008 yang diikuti oleh 33 Provinsi ini dimaksudkan untuk menegaskan kembali akan peran dan fungsi Tagana sebagai relawan penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat guna meningkatkan kemampuan personil dan memperkuat jaringan secara sistematis dan terpadu. Diakhir laporannya Andika Hazrumy juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten yang telah memberikan perhatian dan apresiasi tinggi terhadap keberadaan Tagana di Provinsi Banten.


Menutup laporannya, dihadapan Gubernur dan pejabat Pemprov, Andika mengajak pasukannya meneriakkan yel-yel Tagana yang merupakan bukti kesiapan Tagana dalam mengikuti Jambore ini. Yel-yel yang diteriaki Andika disambut dan diikuti dengan semangat oleh 350 orang anggota Tagana yang menghadiri upacara tersebut.

Sementara Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannya meminta Tagana Banten untuk dapat melaksanakan tugas-tugas ke-taganaan dengan sebaik-baiknya serta senantiasa melandasi niatnya dengan rasa kepedulian dan penuh keikhlasan. “kepada seluruh anggota Tagana yang akan mengikuti jambore, ibu berharap agar kalian dapat menunjukkan prestasi dengan sebaik-baiknya serta selalu menjaga nama baik Provinsi Banten ditingkat Nasional” papar Atut.


Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Tagana Banten Gatot Yan S yang didampingi beberapa pengurus provinsi lainnya seperti Mukmin Kusnendar, Dadan Suryana, Ending Haryadi, dan Abu Salim mengungkapkan bahwa target Tagana Banten dalam Jambore kali ini adalah meraih predikat Juara Umum pada kategori perlombaan. Optimisme ini menurut Gatot didasari atas prestasi Tagana Banten yang pada tahun lalu berhasil menyabet gelar sebagai juara se Jawa-Bali pada Jambore yang dilaksanakan di semarang 2007 lalu.

Upacara diakhiri dengan penyerahan Pataka Tagana dari Gubernur kepada Andika Hazrumy yang dilanjutkan dengan pelepasan rombongan yang diangkut menggunakan 8 buah kendaraan bus menuju Cibubur, Jakarta. Selamat Jalan Tagana Banten, Tunjukkan prestasimu, Harumkan nama Banten di pentas ke-taganaan Nasional.