Pelantikan Pengurus & Peresmian Sekretariat TAGANA Kota Cilegon


Kota Cilegon merupakan satu dari delapan Kabupaten/Kota di Provinsi Banten yang memiliki akselerasi pembangunan yang tergolong maju dan pesat. Kota kecil yang berada diwilayah barat Provinsi Banten ini memang memiliki beberapa keuntungan strategis dari segi geografisnya. Kota ini menjadi pintu gerbang Provinsi Banten, bahkan Pulau Jawa jika dilihat dari akses samudra hindia, selat sunda dan laut jawa.

Letak strategis ini yang kemudian membuat tingkat pertumbuhan industri di kota yang memiliki suhu cukup panas ini menjadi melaju pesat. Beberapa perusahaan berskala nasional dan internasional berdiri di kota ini, sebut saja PT. Krakatau Stell, PT. Chandra Asri, serta puluhan perusahaan asing lainnya.

Pesatnya tingkat pertumbuhan ekonomi di kota cilegon sudah barang tentu berdampak pada tingginya potensi permasalahan sosial disana, termasuk juga didalamnya masalah kebencanaan. Dan yang mengkhawatirkan, potensi bencana yang paling rentan di kota cilegon adalah bencana tsunami dan bencana kimia.

Pemerintah Kota Cilegon sadar betul akan rentannya wilayah mereka terhadap ancaman bencana. Karenanya pemkot cilegon begitu serius dalam masalah penanggulangan bencana, diantaranya dengan membina Tagana Kota Cilegon yang merupakan salah satu instrumen penanggulangan bencana yang cukup diandalkan disana.

Pembinaan pemerintah kota cilegon terhadap Tagana terlihat jelas dari keseriusan dinas sosial setempat dalam menangani berbagai kegiatan pelatihan dan perekrutan Tagana, termasuk juga pengalokasian APBD bagi pembinaan Tagana.

Salah satu langkah pembinaan yang dilakukan pemkot cilegon kepada Tagana adalah baru-baru ini adalah memfasilitasi pembentukan Kepengurusan/ Tim koordinasi Tagana Kota Cilegon. Dalam acara pembentukan pengurus yang dilaksanakan di aula setda beberapa waktu lalu, sekretaris Tagana Kota Cilegon, Juhadi terpilih menjadi koordinator menggantikan Humaedi yang telah habis masa bhaktinya. Dan pada tanggal 17 Januari 2010 dilaksanakan acara Pelantikan Tim Koordinasi sekaligus peresmian Pusat Koordinasi/Sekretariat Tagana Kota Cilegon.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon serta beberapa jajaran pejabat pemkot lainnya. Bahkan putra walikota yang juga anggota DPR RI, Tb. Iman Aryadi juga hadir pada acara tersebut. Dalam sambutannya, Iman Aryadi yang mantan ketua KNPI Banten itu memberikan apresiasi terhadap keberadaan Tagana di Kota Cilegon. Kedepan Iman berharap agar Tagana terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya dalam menjaga Cilegon dari segala kemungkinan ancaman bencana.

Koordinator Tagana Provinsi Banten yang kala itu berhalangan hadir diwakili oleh Sekretarisnya Gatot Yan S serta beberapa pengurus provinsi lainnya. Dalam sambutannya Gatot menyambut positif upaya pemkot cilegon dalam membina Tagana. Gatot mengatakan, pemkot Cilegon selama ini telah memberikan perhatian serius terhadap pembinaan Tagana, hal itu dibuktikan dengan konsistennya pemkot memasukkan anggaran pembinaan Tagana kedalam APBD setempat. “untuk itu, wajib hukumnya bagi Tagana Cilegon untuk selalu mendukung dan mengamankan kebijakan-kebijakan pemerintah kota cilegon yang terkait dengan pembangunan kemasyarakatan” papar Gatot Yan.